Rabu, 11 Mei 2016

Teratai ( Nymphaea lotus L. )

Hi... Pencinta Craft

Pada bulan Mei 2016 ini, INC@ akan memberikan tutorial terakhir untuk online course "Acrilic Craft 1", adapun tema atau materi adalah tentang "Bunga teratai / Lotus". Mungkin banyak sekali hasil karya pengrajin akrilik yang telah menghasilkan karya bunga teratainya. Namun kali ini, INC@ mengajak para peserta untuk melakukan Penelitian / Observasi tentang jenis tanaman ini.

Kok harus diteliti yang Bumin (Bunda Admin) ?.

Eit... di INC@ yang mulai tahun ini menyandang tema "Back Too Nature", Jadi upaya INC@ adalah mewujudkan hasil karya yang tidak lupa dengan karakter asli yang dijadikan inspirasi. Karena bulan ini bahan inspirasi adalah "Bunga Teratai", maka kita akan kupas habis tentang bunga ini.

Terus apa yang didapat setelah diteliti ?

Jawaban point ini hanya akan terungkap jika peserta kursus online mengikuti penelitian / observasi ini.

Gimana cara ikutnya bumin ?

Simple, cukup baca keterangan di bawah ini. Intinya "biar kenal lebih jauh tentang bunga teratai". Berikut hasil browsing internet yang bisa kita jadikan dasar inspirasi :

Teratai (Nymphaea lotus L.)

MORFOLOGI BUNGA TERATAI

Dengan rumus bunga ♀ * P4 + 4 + 8 + 4 + 4 , A∞, G(22) didapat keterangan bahwa bunga teratai (Nymphaea lotus) adalah bunga banci dengan banyak simetri. Pada bunga ini antara kelopak dan mahkotanya tidak dapat dibedakan dengan jelas sehingga bagian yang umumnya disebut mahkota dinamakan tenda bunga (perigonium) yang berjumlah 24 buah dalam 5 lingkaran berbeda, susunan berlapis dan berseling empat-empat pada lingkaran 1 dan 2, sedangkan pada lapisan ke 3 terdapat tenda bunga sebanyak 8 buah dan pada lapisan ke 4 dan 5 terdapat 4 buah tenda bunga, susunan tenda bunga ini saling lepas satu sama lain. Benang sari (androecium) jumlahnya tak terbatas (∞)tersusun rapi dalam lingkaran-lingkaran serta berlekatan satu sama lain (bebas),dan putik (gynaecium) berjumlah 22 buah. (dikutip dari kimmyaulia.blogspot).

Bunga teratai memiliki gradasi warna yang indah seperti warna merah muda kemudian memutih semakin ke atas (dikutip dari materipertanian.com)


MORFOLOGI DAUN TERATAI
Tanaman teratai mempunyai daun berbentuk bulat, lebar, tipis serta tepi daunnya bergerigi. Permukaan daun teratai di bagian atas berwarna hijau (dikutip dari materipertanian.com)

HASIL PENELITIAN / OBSERVASI

Browsing sudah cukup, tinggal INC@ akan mulai hunting bunga teratai sesungguhnya. Namun dari hasil keterangan tentang bunga teratai ini, kita dapat tarik kesimpulan bahwa :

  • Daun bunga teratai itu ukurannya lebar / besar 
  • Kelopak bunga minimal 24 kelopak yang tersusun 
  • Putik dan benang sari berupa bonggol kecil dengan ukuran bulat di atas dan dikelilingi oleh banyak benang sari. Ada juga jenis putik yang berbeda. 
TANTANGAN CRAFTER :
  1. Membuat daun ukuran besar (sesuai bentuk daun teratai) 
  2. Membuat putik dan benang sari bunga teratai (banyak jenis dan bentuknya)
  3. Teknik merangkai 
Lihat tantangan kali ini, pastilah bingung.... (Bumin juga awalnya gitu). Namun, take easy and try...
Ngak sabar rasanya melihat karya bunga ini.
Pastikan tetap setia dengan INC@, karena di sinilah inspirasi terjaga seperti alami adanya.

BE SMART, BE CREATIVE, BE NATURE

Bertemu lagi dengan kami di BBM Group INC@ 1 dan 2. Bagi yang ingin bergabung di periode 2 "Acrilic Flower" silahkan invite 51C583C3.

Salam kreatif
Bumin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yuk... Jalin persahabatan lewat komentarmu... inca tunggu ya...