Jumat, 15 Juli 2016

Menurunnya kualitas "Kawat Lilit"

Kawat lilit
Para pencinta kerajinan yang menggunakan kawat lilit seperti bunga akrilik, kotis (kotak tisu), tempat aqua gelas, dll pasti sangat familiar dengan bahan craft satu ini yang biasa disebut dengan "Kawat Lilit". Kawat lilit ini beraneka ragam warna. Penulis telah mengenal kawat lilit ini sejak tahun 2010 yang masih berupa potongan kecil dan dibungkus plastik berjumlah 100 lembar dalam 1 kemasan plastik.
Tali pengikat parcel
Kini, kawat lilit dapat kita temukan dalam bentuk rol berukuran kecil, sedang dan besar. Harga pun beraneka ragam.

Sejak tahun 2012, penulis menggeluti craft bunga akrilik sehingga kawat lilit dengan warna hijau daun lebih sering dan banyak digunakan untuk membalut tangkai bahan hingga melilit rangkaian daun bunga. Sejak tahun 2012, kualitas bahan kawat lilit sangatlah terjamin. baik dari plastik yang membalut kawat hingga kondisi kawat yang masih bagus.

Tahun demi tahun hingga maraklah craft ini, sehingga produksi bahan craft bermunculan. Hingga terbitnya pos ini, penulis pun belum tahu produsen lokal produk ini (hehehehehehe..... jika ada yang tahu, silahkan info yach....). Ok... kita lewatkan masalah produsen bahan, kita berlanjut ke kualitas produk kawat lilit sekarang.

Gambaran kualitas produk kawat lilit sekarang ini
Lihat gambar....
Seperti pengalaman yang penulis dapat, kualitas kawat lilit mulai menurun terlihat dari sering ditemukannya kondisi tidak normal pada kawat lilit. Tidak hanya 1 bagian saja dalam 1 rol namun terkadang ditemukan hingga 7 potongan dalam 1 roll berkondisi tidak normal. Kondisi ini berujung terdapat kawat yang tidak terbungkus dengan baik dan berakibat kawat berkarat hingga terdapat plastik kawat yang terdouble dan berwarna putih (warna dalam plastik).
Kawat tidak terbungkus dengan baik
Kondisi ini terkadang membuat crafter kesulitan saat crafter menemukan kondisi rusak saat tengah melilit craft. Perubahan kualitas ini, dimungkinkan akibat banyaknya permintaan terhadap bahan jenis ini serta kurang kontrolnya terhadap proses produksi.

Untuk menyikapi kondisi ini, dianjurkan kepada crafter :
  1. Periksalah kawat lilit sesering mungkin sebelum melilit craft
  2. Apabila ditemukan kawat yang tidak terbungkus plastik, sebaiknya kawat dipotong dan potongan kawat yang dianggap masih dapat digunakan disimpan (dapat digunakan untuk merangkai daun)
  3. Apabila ditemukan plastik kawat berukuran lebar, kawat lilit tidak perlu dipotong namun pinggiran pada plastik kawat digunting selebar ukuran normal
  4. Apabila ditemukan warna plastik mengelupas (warna silver/putih), sebaiknya lilitan tidak dilanjutkan dan segera potong guna kualitas produk anda.
Spesial untuk para produsen "Kawat lilit" (hehehehe..... berharap produsen ada yang baca) :
  • Kualitas bahan anda adalah wujud kualitas karya kami, semoga kualitas produk kawat lilit dapat kembali secara normal ditengah padatnya arus permintaan produk.
Bagi para penjual / toko bahan craft :
  • Terima kasih atas kejujuran anda kepada crafter, apabila menyampaikan hal ini kepada para pelanggan setia anda. Semoga kita dapat saling menjaga kualitas dan kepercayaan.
Berikut info seputar craft yang dapat penulis bagikan serta tips trik menyikapi kondisi tidak normal terhadap bahan craft.

Salam kreatif
INC@

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yuk... Jalin persahabatan lewat komentarmu... inca tunggu ya...